UNBK dan Rintangannya

Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017 atau disingkat dengan UNBK atau UBK merupakan ujian dengan menggunakan komputer sebagai alat dalam melakukan tes.

UNBK atau UBK

UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) adalah UN dengan menggunakan komputer yang dilengkapi perangkat lunak (software) yang khusus dikembangkan untuk Ujian Nasional dengan tingkat kesulitan yang sama dengan UN tertulis. Untuk diketahui, UNBK Tahun 2016 merupakan perluasan dari UNBK rintisan pada Tahun 2015. UNBK dilaksanakan untuk UN dan UN Perbaikan.


Topologi UNBK 2017

Dalam pelaksanaanya UBK 2017 topologi yang dipakai adalah Topologi Star, setiap client terhubung dengan HUB/SWITCH dengan settingan Gateway dialamatkan ke server. Uniknya dalam Ujian Berbasis Komputer tahun ini menggunakan VHD. Menurut Wikipedia, VHD (Virtual Hard Disk) is a file format which represents a virtual hard disk drive (HDD). It may contain what is found on a physical HDD, such as disk partitions and a file system, which in turn can contain files and folders. It is typically used as the hard disk of a virtual machine.


Topologi Star UBK 2017


VHD atau Virtual Hard Disk merupakan sebuah format file yang merepresentasikan sebuah harddsik , satu VHD bisa berisikan semua komponen sebuah harddsik seperti file sistem operasi, pengaturan jaringan , software bahkan bisa menyimpan file layaknya Harddsik secara nyata. Alasan digunakannya Virtual Hard Disk adalah agar pengaturan software lebih seragam karena yang dibagi adalah sebuah hard disk, sehingga operator tiap sekolah hanya butuh waktu singkat untuk melakukan pengaturan IP Client dan Server sesuai dengan aturan yang telah ditentukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya.


Laboratorium SMK Yayasan Pharmasi Semarang
UBK di SMK Yayasan Pharmasi Semarang

UNBK SMK Yayasan Pharmasi Semarang
UBK di SMK Yayasan Pharmasi Semarang


Permasalahan yang dihadapi selama jalannya UBK 2017

1. Rilis token yang lambat

Token merupakan alat utama untuk masuk ke sistem ujian komputer dari puspendik, namun keluarnya token ini di hari pertama molor 1 jam sehingga ujianpun harus diundur pukul 08.30 WIB dari yang semula dilaksanakan pukul 07.30 WIB. Permasalahan rilis token yang lama ini mungkin dipengaruhi oleh sistem komputer puspendik yang kaget karena menerima massive request token yang mengakibatkan server token ini lama merespon permintaan token dari seluruh sekolah di Indonesia. 

Permasalahan lambatnya token yang muncul ini dihari kedua tiap sekolah berbeda ada yang tepat waktu dan tetap pula ada yang lambat.

2. Upload hasil ujian yang lambat

Setelah ujian berbasis komputer ini selesai, proktor diharuskan untuk meng-upload hasil jawaban semua peserta ujian ke Server pusat puspendik. Namun saat dilakukan pengunggahan jawaban tidak selancar yang diharapkan, karena saat melakukan unggah jawaban siswa sangat lama prosesnya bahkan setelah ditunggu berjam - jam tidak ada yang terunggah.

Diforum UBK banyak cara dilakukan agar jawaban anak bisa segera terunggah, dari menekan alt+F4 lalu login kembali, bahkan me-reboot ulang sistem komputer. Semua itu hanya sekedar untuk mengakali lambatnya proses pengunggahan data ini, akhirnya semua kembali ke Server Puspendik sebagai pusat data.

3. Soal tidak tampil

Ketika soal tidak tampil bukan berarti server lokal mengalami kerusakan, ini bisa diakibatkan loading soal yang terlambat karena Server lokal banyak yang mengakses. Untuk memecahkannya bisa dengan menekan tombol F5 dikeyboard untuk melakukan refresh halaman. Begitu pula dengan soal Listening bahasa inggris, ketika soal Listening tidak muncul bisa dengan menekan tombol F5 untuk me-refresh soal agar tampil.

4. Tertutupnya aplikasi clien secara mendadak

Aplikasi Exambrowser client tertutup secara mendadak, mungkin dikarenakan aplikasi nge-lag karena perpindahan soal yang jauh. Semisal dari soal nomor 20 langsung loncat ke nomor 30. Ketika hal ini terjadi proktor wajib untuk me-reset peserta yang mengalami hal ini dan memberikan token baru ketika sudah lewat lebih dari 15 menit.

5.Tidak bisa mengklik jawaban yang tersedia

Gunakanlah tombol A, B, C, D, dan E dikeyboard ketika jawaban di layar tidak bisa di klik.

6. Dalam ujian bahasa inggris tidak ada fitur headphone check

Ketika ujian bahasa inggris berlangsung sangat disayangkan tidak ada fitur cek headphone/headset untuk mengawali ujian ini sehingga mengakibatkan ketika headphone/headset siswa bermasalah dan si siswa sudah melakukan play suara Listening dan tidak terdengar apapun dan siswapun terlewat bagian penting dalam mengerjakan soal Listening ini
Previous
Next Post »