Hosting dan Domain

Bagi yang terbiasa mungkin tidak asing dengan istilah Hosting. Hosting saya istilahkan secara gampang sebagai tempat kita menyimpan file agar bisa diakses dari manapun, kapanpun lewat internet, dan biasanya memiliki banyak fitur selain sebagai tempat menyimpan file. Berbeda dengan google drive yang sama - sama sebagai tempat penyimpanan online, hosting memiliki fitur lebih selain sebagai online storage saja, ada fitur web mail, ftp , mysql, dan bahkan pembuatan sub domain. Jadi hosting merupakan tempat khusus untuk menyimpan file yang akan digunakan sebagai website.

Hosting sendiri dikategorikan menjadi dua jenis yaitu Shared hosting dan Dedicated Hosting. Perbedaanya terletak pada penggunaan server, jika Dedicated Hosting 1 server untuk 1 web saja, sedangkan Shared Hosting 1 server dimanfaatkan untuk menyimpan file dari banyak web yang berbeda. Tentunya masing - masing memiliki kelemahan dan keunggulan sendiri.

Pemilihan tipe hosting ini tergantung oleh pemilik web dan disesuaikan dengan web yang telah ada, semakin rumit dan berat web maka direkomendasikan memakai dedicated hosting dan sebaliknya.


Cloud Hosting

Selain hosting biasa ada juga cloud hosting, lalu apa itu cloud hosting?.
Diibaratkan kita punya 5 Flashdisk yang berisi file yang sama persis di setiap flashdisknya dan semua flashdisk itu tertancap di 1 komputer. Disini flashdisk kita anggap sebagai hosting, dan Komputer sebagai internetnya, jadi jika sewaktu - waktu salah satu dari flashdisk yang kita punyai bermasalah, masih bisa mengakses file dari flashdisk yang lain tanpa menunggu flashdisk tadi diperbaiki.

Cloud hosting merupakan bagian dari cloud computing. Cloud computing terbagi menjadi 3 kategori yaitu layer aplikasi, layer platform, dan layer infrastruktur.
  1. Kategori layer aplikasi dapat diimplementasikan dalam bentuk layanan umum seperti yang digunakan pada Google Music, Amazone Cloud Player, dan lain-lainnya.
  2. Kategori layer platform dapat digunakan dalam bentuk sistem operasi / pengaya sistem operasi seperti yang digunakan CloudLinux atau sistem virtualisasi.
  3. Kategori infrastruktur berupa fisik komputer atau server yang terhubung dengan internet.
 Cloud hosting masuk ke kategori layer platform karena menyediakan sistem yang terintegrasi dengan berbagai fitur seperti web mail, ftp , mysql, dan lain - lain.

gambar diambil dari bukahost.com

Domain

Domain merupakan nama unik kita di internet. Nama ini kita buat lewat penyedia layanan domain contohnya PANDI dan sejenisnya. Nama yang selanjutnya kita sebut domain ini bersifat unik dan hanya satu nama saja yang ada di dunia ini, jadi tidak akan ditemukan nama yang sama persis. 

Ketika kita akan menentukan nama sebaiknya carilah yang unik dan menarik agar mudah di ingat. Ingat pembuatan nama ini tidak gratis alias berbayar dan berlaku selama setahun, ketika sudah lewat setahun maka harus segera kita perpanjang agar nama kita tidak diambil orang lain.


Previous
Next Post »